Headline:
Home » , » ALAM JIN MENURUT AL QURAN DAN HADITS (PENJELASAN)

ALAM JIN MENURUT AL QURAN DAN HADITS (PENJELASAN)

Posted By MUTIARA HIKMAH on Senin, 17 Mei 2010 | 23.18






Pembaca Rahikumullah,
Tulisan  dengan judul ALAM JIN MENURUT AL QURAN DAN HADITS di atas ini, tanpa disadari ternyata telah mengundang polemik berkepenjangan sebagai akibat dari kesalahan penyalin pada bagian-bagian yang menimbulkan kesan seolah-olah jin adalah makhluk yang sangat kuat sehingga mustahil dapat ditaklukkan, bahkan oleh ayat-ayat suci Al-Quran sekalipun!

Ini adalah kesalahan!
Dan penyalin baru menyadarinya setelah 7 tahun berlalu, saat membaca lagi komentar-komentar pembaca beberapa hari lalu ketika coba memperbaiki blog ini setelah sekian lama benar-benar terbengkalai. 

Dengan lebih dulu mengucap istighfar - semoga Allah Subhanahuwata'ala mengampuni kekhilafan ini - penyalin sudah coba menjelaskan kesalahan dimaksud sebagaimana dapat ditelusuri pada kolom-kolom komentar di bawah tulisan dimaksud. (penjelasan selengkapnya, harap lihat di sini).

Khusus kepada Sdr. Hamba Allah (Anonymous) dan Sdr. Abdullah yang telah mengingatkan penyalin lewat kolom komentar di bawah ini, Syukran! Terima kasih untuk ketulusan niatnya menyampaikan koreksi, sekaligus dengan ini pula kami mohon maaf yang sebesarnya karena baru sekarang sempat merespons.

Semoga dengan adanya penjelasan sebagaimana yang kami maksudkan di atas, kekhilafan ini dapat sama-sama kita anggap telah diperbaiki.

Sekali lagi, terima kasih dan mohon agar dapat dimaklumi.

Salam.


Share this article :

3 komentar:

  1. Assalamualaikum ww,

    Maaf, Ustadz.
    Tentang Al-Qur'an yang disebutkan tidak mungkin DAPAT digunakan untuk menundukkan bangsa Jin, maka selain yang dikatakan oleh Syaikh Majd Muhammad asy-Syahawi rahimahullah diatas, adakah sumber-sumber shahih lain yang dapat menguatkan dan lebih meyakinkan lagi? Adakah ayat2 Al-Quran dan/atau Hadits yang mendukung pendapat ini?

    Mengingat issue tentang manusia dan jin ini sendiri sudah sama tuanya dengan peradaban manusia dimuka bumi, saya kira pernyataan diatas perlu mendapat klarifikasi yang pasti.
    Mohon pencerahannya.

    Wassalam,
    Hamba Allah.

    BalasHapus
  2. maaf pak ustadz. Mungkin pak ustadz harus menggaris bawahi tentang syaythan menundukkan Jin. Pak ustadz seakan-akan berkata syaythan sangat kuat. Ingat, ada Allah pak ustadz.
    Jin dan manusia lah yg sebenarnya bekerjasama karena ada unsur kepentingan bersama/politik. Bisa budaya misalnya, kebanyakan yg seperti ini yg di sebut lah syaythan manusia dan jin.
    Sebaiknya pak ustadz perdalam ilmu agama lagi, jangan cuma berpatok ke sanad, itu masa lampau pak ustadz, masalah ghaib. Kita tidak tau unsur didalamnya ada yg di ubah-ubah. Hanya Alquran yg tidak berubah. Sekiranya pun hadist di pelajari jangan menggunakan akal aj pak ustadz, tetapi dengan qalbu biar yg di sampaikan tidak menyesatkan umat yg akhirnya malah mendukung kelompok yg secara tidak ketahui, diam-diam ingin menghancurkan Islam.
    Sebelumnya saya minta maaf sekali lagi sekiranya perkataan saya menyinggung.

    BalasHapus

FACEBOOK

RANDOM AYAT


Random Ayat Widget

RANDOM HADITS


Random Hadith Widget
 
A personal blog Managed by Haris Andora For Hariswan Indra Ibn Syahar Al Minhadi
Supported by Madrasah Bani Syahar Al Minhadi and their Marbots
Copyright © 2011 MUTIARA HIKMAH - All Rights Reserved | Designed by Creating Website | Published & Circulated by Mas Template | Powered by Blogger